Rabu, 20 Mei 2009

Manfaat Relaksasi & Hypnobirthing untuk Ibu Hamil

Beberapa pengalaman pribadi tentang Ibu melahirkan. Kisah yang memang terjadi berdasarkan kisah-kisah pribadi dari seorang Ibu yang tadinya dalam proses melahirkan anaknya, beberapa kali harus melalui jalan sesar atau pembedahan dan setelah mengikuti latihan Relaksasi & Hypnobirthing seorang Ibu itu sudah mempunyai keyakinan kuat dan ketika masa proses kehamilan yang semakin cepat sang Ibu benar benar dengan keyakinan yang kuat mengubah cara hidup selama masa kehamilan dan hasilnya adalah sekali menarik nafas bayi itu langsung keluar.

Mungkinkah bila ada Ibu hamil melahirkan tanpa rasa sakit, jawabanya adalah "Ya". Mengapa? Seorang Ibu menginginkan kelahiran anaknya yang normal tetapi mereka kurang begitu memahami apa harus dilakukan dalam masa kehamilan dan pertumbuhan bayi. Ketidaktahuan itulah yang menyebabkan kebanyakan para Ibu merasa cemas, resah, gelisah, takut dan bermacam pikiran lainnya yang negatif menyelimuti setiap hari. Hal ini berdampak buruk bagi kesehatan bayi padahal janin membutuhkan getaran ketenangan dan kedamaian. "Kehamilan sebuah reaksi berantai yang sangat mengaggumkan dan membentuk ikatan seumur hidup yang tak terlepaskan" (kutipan : Lanny Kuswandi fasilitator program relaksasi dan hypnobirthing) . Disini akan dibahas pengertian dari relaksasi dan hypnobirthing serta proses tentang persalinan yang baik dan sehat dengan cara mengaktifkan alam bawah sadar melalui proses Relaksasi & Hypnobirthing untuk Ibu Hamil.

Inti dari Relaksasi & Hypnobirthing untuk Ibu hamil adalah menciptakan suatu getaran tenang dan damai yang dapat dirasakan oleh bayi, menciptakan kesehatan jiwa untuk Ibu hamil sehingga pertumbuhan bayi lebih sehat karena ketenangan menghasilkan hormon-hormon yang seimbang yang nantinya akan dialirkan lewat plasenta.

PENGERTIAN HYPNO-BIRTHING
posted by Longgi

Hypnobithing, sebuah teknik melahirkan yang sangat dicari oleh ibu hamil karena memungkinkan ibu melalui proses persalinan tanpa rasa sakit.

Hypnobirthing sebetulnya adalah sebuah metode relaksasi khusus untuk ibu hamil. Melalui teknik relaksasi yang dipelajari dalam Hypnobirthing ini seorang ibu bisa mendapatkan hasil relaksasi yang sangat mendalam meliputi fisik, nafas maupun pikiran. Dalam kondisi relaks ini ibu tetap dapat mengaktifkan pikiran bawah sadar.

Ketika pemikiran bawah sadar ini aktif, ibu hamil akan merasakan rasa rileks, emosi yang stabil, perasaan bahagia dan rasa nyaman. Hal inilah yang akan membantu ibu hamil untuk menghadapi persalinan. Untuk itu ibu hamil yang biasa melatih teknik Hypnobirthing akan mudah untuk mengendalikan diri dan bisa meminimalkan rasa sakit yang timbul dalam proses melahirkan.

Untuk lebih mudahnya, maka teknik melahirkan Hypnobirthing adalah proses persalinan alami yang dilakukan oleh ibu hamil dengan menggunakan metode relaksasi. Proses persalinan ini dilakukan dalam keadaan sadar namun ibu hamil merasa rileks. Hal ini berguna untuk mengurangi rasa sakit yang timbul dan memperlancar persalinan.

Seorang ibu yang melakukan persalinan dengan Hypnobirthig seakan-akan masuk dalam pikiran bawah sadar seperti halnya terhipnotis. Namun demikian ibu hamil masih bisa diajak berkomunikasi secara efektif.

Pengertian lainnya tentang hypnobirthing adalah upaya untuk meningkatkan ketenangan dan menanamkan program positif selama masa kehamilan sampai proses melahirkan dan masa nivas .

PENGERTIAN RELAKSASI

Relaksasi adalah suatu kondisi istirahat pada aspek fisik dan mental manusia, sementara aspek spirit tetap aktif bekerja. Dalam keadaan relaksasi, seluruh tubuh dalam keadaan homeostatis atau seimbang, dalam keadaan tenang tapi tidak tertidur, dan seluruh otot-otot dalam keadaan rileks dengan posisi tubuh yang nyaman.
Relaksasi merupakan upaya mengistirahatkan otak dan otot secara sadar pada saat yang bersamaan mengaktifkan alam bawah sadar.

Manfaat dari Relaksasi & Hypnobirthing untuk Ibu Hamil

Kehamilan merpakan sebuah anugrah terutama bagi pasangan muda. Mereka yang tidak sabar bertemu dan melihat langsung wajah bayi mereka umumnya akan melakukan apapun agar proses persalinan dapat dilalui dengan lancar. Untuk hal inilah beberapa pasangan mengikuti terapi Hypnobirthing.
Adalah mengatasi reaksi-reaksi mual, muntah, pusing, pada awal kehamilan, mengatasi kecamasan selama kehamilandan meningkatkan ketenangan jiwa. Mengatasi proses proses persalian dengan tenang sehingga lebih lancar, mempercepat masa post natal recorveri dan mencegah post partum depression.

0 komentar: